Kandungan ZINC Pada Susu Kambing dan Manfaatnya.

    Kandungan Zinc (Zn) atau Seng yang terdapat pada susu kambing etawa GOMARS sangat dibutuhkan oleh tubuh.  Saat beraktivitas Zinc berperan sebagai katalisator berbagai reaksi biokimia dalam tubuh.

    Zinc banyak ditemukan dalam sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, jaringan darah, sistem pencernaan dan terlibat dalam proses metabolisme

    Adapun Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk Zinc adalah: 12-17 mg / hari untuk pria dan 9-12 mg / hari untuk wanita, tergantung kelompok umur. Namun jumlah kebutuhan Zinc tersebut bisa naik atau turun tergantung pada usia dan kondisi kesehatan setiap orang.

    Seseorang akan lebih rentan terhadap penyakit jika memiliki kadar zinc yang rendah dalam tubuhnya. Bahkan, kekurangan zinc turut bertanggung jawab atas tidak kurang 800.000 kematian anak di dunia setiap tahunnya.

    Zinc sangat penting bagi tubuh karena bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat juga berfungsi untuk mensintesis DNA. Fungsi lainnya dari zinc adalah untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan saat masa kanak-kanak serta juga berfungsi sebagai zat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan beberapa fungsi zinc yang bisa diperoleh jika dikonsumsi secara benar:

    1. Mengatur Kekebalan Tubuh.

    Tubuh membutuhkan zinc untuk membantu kerja limfosit T (sel T) dalam mengatur respon sistem imun dan menyerang sel kanker yang tumbuh secara tidak normal di dalam tubuh.

    Orang yang mengalami kekurangan zat zinc akan sangat rentan terkena berbagai bakteri yang bersifat pathogen sehingga dirinya akan mudah sakit.

    2. Meningkatkan Daya Ingat.

    Zinc sangat berperan dalam menyambungkan antar neuron di dalam otak, sehingga otak dapat bekerja lebih maksimal dan bisa meningkatkan Daya Ingat.

    3. Menyembuhkan Luka.

    Untuk mempercepat proses penyembuhan luka iasanya dokter menggunakan zat zinc pada obatnya, karena zinc melindungi sel kulit dan membrane mukosa, sehingga luka lebih cepat kering.

    4. Mencegah Osteoporosis.

    MedlinePlus melaporkan bahwa asupan zinc yang rendah dapat menurunkan kepadatan tulang. Penderita osteoporosis rata-rata memiliki konsentrasi zinc yang rendah pada tubuh.

    5. Meningkatkan pertumbuhan dan daya ingat anak.

    Adanya zinc dapat mencegah anak dari berbagai penyakit serta membuat pertumbuhannya menjadi lebih optimal. Selain itu, kekurangan zinc bisa membuat menurunnya daya ingat anak.

    6. Membantu Kerja Hormon.

    Zinc sangat berperan penting dalam fungsi kerja hormon, sebagai katalisator reaksi biokimia di dalam tubuh. Setidaknya terdapat beberapa hormon yang dibantu oleh zinc, diantaranya adalah hormon insulin, hormon pertumbuhan dan hormon IGF-1.

    7. Zinc dan Masalah Penglihatan.

    Zinc merupakan salah satu zat yang dibutuhkan untuk masalah pengelihatan. Zinc ini mampu meregenerasisasi sel mata, sehingga membuat pengelihatan lebih tajam dan mampu melihat dalam ruang gelap. Adanya zinc dapat mencegah degenerasi/kerusakan macula di dalam retina mata.

    8. Zinc dan Indera Perasa.

    Adanya zinc juga mempengaruhi indera perasa dan nafsu makan. Bagi anda yang saat ini sedang tidak nafsu makan dan lidah tidak berasa ketika makan/minum, ada baiknya untuk mengkonsumsi susu kambing erawa GOMARS.

    9. Mengoptimalkan Fungsi Reproduksi.

    Manfaat lainnya dari zinc adalah untuk meningkatkan kinerja dari organ reproduksi. Pada pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan, salah satu penyebabnya adalah adanya gangguan pada mikronutrein.

    Kandungan zinc ini juga berpengaruh pada aliran darah saat proses pembentukan sperma terjadi. Saat sperma dibentuk jika aliran darah kekurangan zinc maka bisa dipastikan bahwa sperma yang dihasilkan tidak akan optimal.

    Untuk wanita, jika sampai kekurangan zinc bisa mengakibatkan kesulitan mengandung atau kesulitan mempertahankan kandungan, sehingga berakibat pada keguguran.

    Pembuahan fetus yang terjadi pun tidak akan normal sehingga janin tidak berkembang, sulit melahirkan dan banyak hal lainnya yang sangat beresiko.

    10. Mencegah Kepikunan.

    Elemen penting di dalam otak yang bertanggung jawab atas daya ingat sebagian besar berupa cairan zinc yang sangat kental, 20 kali lebih kental dari kekentalan darah, bahkan 100 kali lebih kental dibandingkan dengan sumsum tulang belakang.

    Bagian otak yang khusus pada daya ingat tersebut memiliki saraf yang lebih banyak dan lebih rumit, namun fungsinya sangat penting, yaitu sebagai salah satu cara untuk mengingat dan memahami apa yang dilihat atau didengar.

    Seiring dengan berjalannya waktu, zinc ini akan berkurang dan biasanya pada usia lanjut akan terjadi kepikunan. Namun tentu saja hal ini dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi susu kambing etawa GOMARS yang mengandung Zinc.

    11. Mempercepat Regenerasi Sel.

    Jika tubuh kekurangan zat zinc maka akan menyebabkan banyak penyakit, diantaranya berupa masalah selaput lendir. rambut rontok, sariawan, kulit kering dan jerawat.

    Hal ini bisa membuat sel kanker dan tumor bisa tumbuh secara tidak normal dan membuat tubuh lebih rentan terkena berbagai penyakit.

    12. Sebagai Antioksidan.

    Jadi fungsi zinc di dalam tubuh juga berfungsi sebagai membrane yang bisa digunakan untuk melindungi tubuh / antioksidan dari senyawa asing / radikal bebas yang menyerang daya tahan tubuh.

    Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa dokter sering memberikan obat yang mengandung zinc jika tubuh sakit.