AL QUR'AN Sebagai Obat.

Para dokter, ahli kesehatan maupun ahli pengobatan alternatif saat ini meyakini bahwa berbagai penyakit yang timbul saat ini dapat disebabkan oleh timbulnya stress ataupun tumpukan emosi yang lama mengendap dalam diri.

Akibat dari stress ataupun tumpukan emosi itulah yang membuat sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu, yang kemudian dapat berakibat terjadinya disfungsi dari organ-organ tubuh, sebagai awal dari timbulnya penyakit.

Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk terapi penyembuhan, dokter seringkali mengingatkan pasiennya untuk banyak istirahat, menenangkan diri, hindari stress, serta keluarganya diminta untuk turut menciptakan suasana yang kondusif.


Dari An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ 

"Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sebenarnya Al Qur’an adalah obat bagi seluruh penyakit hati, penyakit jasmani maupun penyakit lain yang menyertainya.

Sebagaimana diingatkan Allah dalam surat Al israak ayat 82: 82.

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur`an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” (Al-Isra`: 82)

Dengan membiasakan diri membaca, mempelajari, memahami, serta menjalankan sepenuh hati apa yg telah digariskan di dalam Al-Quran (dan As-Sunnah) niscaya akan lenyap segala penyakit hati dan jasmani.

Hingga hati menjadi tenteram, lapang, bersih dari berbagai kekufuran, kesempitan, kedustaan, kemunafikan, keragu-raguan, serta berbagai penyakit hati lainnya, yang berimbas kepada kesembuhan dan kesehatan.

Oleh karena itu marilah kehidupan kita selalu dihiasi dengan banyak membaca Al-Quran, memahami, serta menjalankannya, sebagai salah satu solusi untuk meraih kesembuhan atas berbagai penyakit,

Yakinlah semua tuntunan yang Alloh sampaikan melalui Al-Qur'an (dan As-Sunnah) sebenarnya adalah penyembuh, serta solusi atas segala kegalauan hati dan keruwetan pikiran kita. Semuanya untuk kebaikan kita sendiri.

Selain membaca Al-Qur'an, sebagai rangkaian upaya penyembuhan, lakukan pula berbagai amalan sebagaimana yang terdapat di kolom SISI LAIN pada situs Gomars Sehat ini.