Kelebihan Susu Kambing Dibanding Susu Sapi.

Puluhan tahun lamanya kita lebih mengenal susu sapi dan telah terbiasa dengan rasanya, bahkan tumbuh keyakinan bahwa tidak cukup hanya mengkonsumsi 4 sehat, namun harus ditambah dengan minum susu sapi, 4 sehat 5 semputna.

Padahal, tahukah kita mengapa saat ini banyak produk susu sapi yang beredar di pasaran menambahkan ini dan itu agar produk susu sapinya bernilai plus ?

Jawabannya adalah, kalangan industri susu sapi di seluruh dunia secara implisit telah membuka tabir bahwa sebenarnya manfaat susu sapi tidaklah sesuai dengan apa yang mereka gembar-gemborkan (propagandakan) selama ini.

Untuk itulah mengapa saat ini kebanyakan produk susu sapi (terutama susu bubuk), telah menambahkan berbagai kandungan tambahan, yang sebenarnya sebagai bentuk "pengakuan" bahwa produk susu sapinya belum cukup memadai untuk menyandang sebagai asupan 5 sempurna.

Lain halnya dengan keberadaan susu kambing, yang sebenarnya lebih layak sebagai 5 sempurna, namun karena kalah populer, demikian pula rasanya yang "berbeda" dengan susu sapi (karena belum terbiasa minum susu kambing) membuat keberadaan susu kambing belum mengena dihati.

SUSU KAMBUNG VS SUSU SAPI.

Berikut ini disampaikan ikhtisar pendapat Dr. Edward F. Group III, Doktor Naturopathic, Clinical Herbalist, Praktisi Holistic Health, Nutrisi Klinis bersertifikat, yang ditulis di jurnal Global Healing Center, tentang fakta kelebihan susu kambing dibanding susu sapi.

Anti Peradangan.
Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa minum susu susu kambing tidak mengakibatkan  peradangan. Itulah sebabnya mengapa seseorang yang sedang mengalami peradangan usus dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kambing, bukan susu sapi.

Meningkatkan Metabolisme.
Berdasarkan hasil studi USDA dan Prairie View A & M University, diketahui adanya korelasi antara biasa minum susu kambing dengan peningkatan kemampuan metabolisme tubuh, terutama bagi seseorang yang sedang mengalami keterbatasan pencernaan dalam penyerapan. Hal tersebut tidak dijumpai ketika biasa minum susu sapi. 

Kedekatan dengan ASI.
Kandungan nutrisi pada susu kambing memiliki komposisi kimiawi yang lebih mendekati ASI (Air Susu Ibu) dibandingkan susu sapi, sehingga lebih mudah berasimilasi dan mencernanya dalam tubuh.

Ukuran Lemak "lebih kecil".
Ukuran molekul lemak dalam susu kambing jauh lebih kecil dibandingkan molekul lemak susu sapi. Hal ini membuat susu kambing lebih mudah dicerna tubuh.

Tinggi Asam Lemak.
Susu sapi mengandung sekitar 17% asam lemak esensial, sedangkan susu kambing rata-rata mencapai 35% asam lemak esensial , yang menjadikan susu kambing lebih bergizi.

Kaya Kalsium.
Susu kambing mengandung kalsium dan asam amino triptofan yang lebih tinggi daripada susu sapi.

Ultra-Nourishing.
Dalam pengobatan Naturopati, kambing disebut sebagai hewan natrium bio-organik, yaitu hewan yang memiliki kekuatan, fleksibilitas, dan vitalitas, sedangkan sapi cenderung pasif dan lemah.
Natrium bio-organik merupakan unsur penting untuk mendukung kesehatan sendi, sehingga susu kambing dapat digunakan sebagai asupan untuk meremajakan sistem syaraf dan (sendi) tulang.
Susu kambing padat nutrisi. Dalam 1 gelas susu kambing memenuhi hampir 35% kebutuhan kalsium harian, 20,0% kebutuhan riboflavin, serta sumber protein fosfor, vitamin B-12, dan potassium.

Terhindar Keracunan.
Pada masa pemeliharaan (pen. penggemukan), biasanya sapi diberi hormon pertumbuhan, antibiotik, pakan transgenik dan vaksinasi, yang secara artifisial meningkatkan produksi susu, sehingga tidak heran apabila yang biasa minum susu sapi akan mengalami gangguan kesehatan.
Sedangkan dalam masa pemeliharaan / penggemukan kambing tidak menggunakan berbagai suntikan hormon maupun vaksin, dan tidak menggunakan pakan transgenik, sehingga susu kambing lebih sehat dan terhindar dari kontaminasi zat berancun.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
Susu kambing mengandung Medium Chain Trygliceride (MCT),  tidak dimiliki susu sapi, yang sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh (lihat Manfaat MCT).

Selain kesimpulan dari Dr. Edward F. Group III tersebut, dari sisi jumlah kandungan, berikut kelebihan kandungan susu kambing dibanding susu sapi :
  • Kalsium : 13% lebih banyak dibanding susu sapi.
  • Vitamin B-6 :  25% lebih banyak dibanding susu sapi.
  • Antioksidan dan selenium : 27% lebih banyak dibanding susu sapi.
  • Vitamin A : 47% lebih banyak dibanding susu sapi.
  • Potassium : 1.34% lebih banyak dibanding susu sapi.
  • Niasin : 3.5% lebih banyak susu sapi.

Selain itu, susu kambing mengandung Medium Chain Fatty Acids (MCFA) yang struktur molekulnya setara dengan ASI, sehingga dikatakan bahwa susu kambing adalah susu terbaik setelah ASI, sedangkan susu sapi tidak mengandung MCFA.

Kandungan Susu GOMARS sudah ada dengan sendirinya, tanpa harus menambahkan ini dan itu agar bernilai plus, sudah hilang sama sekali bau amis kambingnya, bernutrisi lengkap, sehat, higienis, halal, dan berkualitas.



Tanjungpinang :
Rp. 30.000/kotak - Rp. 32.000/renceng

Bandung :
Rp. 25.000/kotak - Rp. 27.000/renceng

Pengiriman dari kota/lokasi termurah ongkos kirimnya.


* Gratis 1 kotak Gomars @200 gr (belum pernah minum GOMARS).
(Perhatikan : Cara Minum GOMARS).

* Gratis ongkir bila beli > 5 kotak dan jarak kirim < 5 km, bisa COD.

* Subsidi ongkir Rp.10.000 bila beli > 10 kotak, pembayaran setelah paket diterima.

* Jaminan Produk asli dan segel resmi dari pabrik.

0817 999 4111

G O M A R S   S E H A T

Tanjungpinang :
Gang Nila 2 no. 6, RT.03/RW.14,
Jl. Soekarno Hatta
(Seberang Kantor Diknas Kota)
Tanjungpinang 29113

Bandung :
Jl. Kebon Kangkung IX, No. 59/129A
RT.03/RW.08, Kel. Kebon Kangkung
Kec. Kiaracondong Bandung 40284



PERBANDINGAN DENGAN :
Susu Kambing Murni - Susu Sapi - Susu Kedelai


TAGS : susu kambing dibanding susu sapi, susu kambing vs susu sapi.