BREAKING PROMO :

    GRATIS 1 kotak susu kambing etawa GOMARS @200 gram dan Garansi UANG KEMBALI jika 30 hari setelah minum susu kambing etawa GOMARS asam urat / darah rendah anda tidak membaik. Selengkapnya >>

    Susu KAMBING Versus Susu SAPI.

    Sebagai referensi berikut disampaikan ikhtisar pendapat Dr. Edward F. Group, tentang susu kambing versus susu sapi, yang ditulis di jurnal Global Healing Center.

    Dr. Edward F. Group III adalah Doktor Naturopathic, Clinical Herbalist, Praktisi Holistic Health, Nutrisi Klinis bersertifikat  dan anggota Dewan Nutrisi Klinik Amerika dan Dewan Kesehatan Fungsional Amerika.

    Berikut ini ikhtisar pendapatnya :

    Hingga saat ini susu sapi masih menjadi salah satu minuman sehari-hari di Amerika Serikat, hal itu pula yang menjadi salah satu penyebab banyaknya orang Amerika yang mengalami kembung dan keluhan pencernaan lainnya.

    Pada masa pemeliharaan (pen. penggemukan), biasanya sapi diberi hormon pertumbuhan, antibiotik, pakan transgenik dan vaksinasi, sehingga tidak mengherankan apabila banyak orang yang biasa minum susu sapi mengalami gangguan kesehatan.

    Minum susu kambing dapat dijadikan alternatif yang lebih baik bagi kesehatan. Berdasarkan observasi diketahui bahwa orang yang biasa mengonsumsi susu kambing akan mengurangi resiko mengalami alergi dan keluhan pencernaan.

    Selain itu, berikut ini beberapa manfaat susu kambing yang tidak dimiliki oleh susu sapi ;

    1. Anti Peradangan.

    Beberapa penelitian menunjukan bahwa salah satu manfaat susu kambing adalah tidak menyebabkan peradangan. Itulah sebabnya mengapa bagi orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk minum susu kambing, bukan susu sapi.

    2. Ramah Lingkungan.

    Kambing membutuhkan lebih sedikit ruang dan makan dibanding sapi. Di areal ternak dengan luasan yang sama, kebutuhan pakan 6 ekor kambing di areal yang sama setara dengan 2 ekor sapi.

    3. Meningkatkan Metabolisme.

    Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh USDA dan Prairie View A & M University, diketahui adanya korelasi antara biasa minum susu kambing dengan peningkatan kemampuan metabolisme tubuh, terutama bagi yang sedang mengalami keterbatasan pencernaan dalam penyerapan. Hal tersebut tidak dijumpai ketika biasa minum susu sapi.

    4. Kedekatan dengan ASI.

    Kandungan nutrisi pada susu kambing memiliki komposisi kimiawi yang lebih mendekati ASI (Air Susu Ibu) dibandingkan susu sapi, sehingga lebih mudah berasimilasi dan mencernanya dalam tubuh.

    5. Ukuran Lemak "lebih kecil".

    Ukuran molekul lemak dalam susu kambing jauh lebih kecil dibandingkan molekul lemak pada susu sapi. Hal ini membuat susu kambing lebih mudah dicerna tubuh.

    6. Tinggi Asam Lemak.

    Susu sapi mengandung sekitar 17% asam lemak, sedangkan susu kambing rata-rata mencapai 35% asam lemak, yang menjadikan susu kambing lebih bergizi.

    7. Kaya Kalsium.

    Banyak orang mengira bahwa sering minum susu sapi dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium dan menunjang kesehatan tulang. Susu kambing mengandung kalsium dan triptofan asam amino yang lebih tinggi daripada susu sapi.

    8. Anti Mucousal.

    Susu sapi tinggi lemak, yang bisa meningkatkan pembentukan lendir. Sedangkan lemak pada susu kambing sepersepuluhnya, sehingga tidak mengakibatkan iritasi usus.

    9. Ultra-Nourishing.

    Dalam pengobatan Naturopati, kambing disebut sebagai hewan natrium bioorganik, yaitu hewan yang memiliki kekuatan, fleksibilitas, dan vitalitas, sedangkan sapi cenderung pasif dan lemah.

    Natrium bioorganik merupakan unsur penting untuk mendukung kesehatan sendi. Secara tradisional, susu kambing telah digunakan untuk memberi makan dan meremajakan sistem syaraf dan (sendi) tulang.

    Susu kambing juga padat nutrisi. Dalam  1 gelas susu kambing memenuhi hampir 35% kebutuhan kalsium harian dan 20,0% kebutuhan riboflavin, serta sumber protein fosfor, vitamin B-12, dan potassium yang baik.

    10. Terhindar Keracunan.

    Kebanyakan susu sapi mengandung hormon pertumbuhan dan somatotropin, hormon yang secara artifisial meningkatkan produksi susu. Sedangkan kambing jarang diberi zat ini, sehingga susu kambing lebih sehat, bergizi dan terhindar racun.

    11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

    Susu kambing mengandung selenium, mineral penting yang mendukung sistem kekebalan tubuh.


    Satu hal lagi yang perlu dicatat, tidak seperti halnya dengan susu sapi dan susu formula yang banyak beredar saat ini, dimana banyak ditambahkan kandungan tambahan kedalamnya, susu kambing telah kaya dengan nutrisi alami yang menyehatkan, tanpa harus menambahkan lagi zat ini dan itu.


    Susu Kedelai Bagaimana